Aktivitas

  • Gerakan #Sadajiwa

Rizal menjadi co-founder dari sebuah gerakan bernama #Sadajiwa. Dengan mengusung semangat “Belajar-Berbagi-Berbakti”, gerakan ini mengajak seluruh elemen terdidik untuk melakukan transformasi pendidikan dan keterbukaan informasi bagi sekolah yang secara kualitas masih tergolong rendah.

Kerjasama dengan Pihak SMK PGRI Jatinangor

#Sadajiwa sedang dikembangluaskan di SMK PGRI Jatinangor melalui perbaikan manajemen sekolah, metode pengajaran, dan keterbukaan informasi bagi seluruh warga sekolah di sana. Bersama Taufik Nurhidayatulloh, Annisa Innal Fitri, dan Dandy Firdaus Anggadinata, Rizal berupaya terus agar gerakan #Sadajiwa menjadi model pengembangan pendidikan universal; bagi siapa saja, di mana saja.

Sesi Pengenalan Gerakan #Sadajiwa kepada Siswa SMK PGRI Jatinangor pada bulan April 2015 di Perpustakaan #Sadajiwa
  • Riset Mini

Rizal tertantang untuk aktif dalam dunia riset. Beberapa klub riset yang dia ikuti diantaranya Center for Development and Information Studies (CIDES) Kampus UNPAD di mana ia dipilih sebagai Presiden sampai tahun 2016.

Riset teranyar yang ia ikuti berhasil mendapatkan penghargaan medali Perunggu dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-28 di Universitas Halu Oleo, Kendari, 5-9 Oktober 2015 dengan judul penelitian “Reaktualisasi Konsep Melayu sebagai Kerangka Kebijakan Luar Negeri RI menuju Cita-cita Perdamaian Dunia (Tinjauan Analitik Hubungan Indonesia-Malaysia Pasca-Konfrontasi 1967-1972)”.

IMG_1125
Kontingen UNPAD untuk PIMNAS ke-28 pada Acara Malam Puncak Penghargaan di Stadion Mini Univ. Halu Oleo, Kendari, 9 Oktober 2015

 

  • Klub Diskusi “LINGKAR KOPI”

Klub diskusi ini diinisasi oleh beberapa mahasiswa Ilmu Pemerintahan di pertengahan tahun 2015. Keinginan akan hadirnya sebuah ruang yang bebas bagi mahasiswa untuk berpikir dan saling bertukar pendapat dapat diwujudkan di tengah-tengah kebekuan aktivisme mahasiswa yang sebagian besar terjebak dalam kesenjangan ilmu dan praktik.

Diskusi ini biasa diadakan setiap hari Kamis atau hari Selasa (insidental), tergantung kesepakatan. Topik diskusi sangat beragam, mulai dari filsafat, politik, pemerintahan, ekonomi, sosial, budaya, bahkan sampai musik dan seni rupa. Saban diskusi, beberapa mahasiswa menyiapkan dua-tiga gelas kopi dan susu hangat, ditambah penganan ringan, atau beberapa batang rokok.

Begitu menyegarkan!

  • Menulis

Rizal aktif menulis di beberapa kolom kampus, seperti majalah mahasiswa maupun laman web. Selain menulis opini dan segala hal yang serius, Rizal sedang merampungkan proyek menulis fiksinya yang sempat tertunda beberapa bulan ke belakang. Rizal tertarik pada literatur Asia dan Eropa, serta beberapa syair-syair dari tanah Arab dan Persia.

IMG_3357

  • Jalan-jalan

Aktivitas satu ini sedapat mungkin tidak boleh dilewatkan dalam to-do-list Rizal. Jalan-jalan, baginya, adalah bentuk lain untuk menikmati karunia kehidupan yang Tuhan berikan setiap hari. Setiap daerah, kota, atau negara baru yang Rizal kunjungi, ia selalu menyempatkan datang ke pusat-pusat keagamaan, menikmati masakan khas, museum, taman, atau perpustakaan. Hidup seperti lahir kembali.

Beberapa kota besar yang pernah Rizal kunjungi misalnya Jakarta, Surabaya, Malang, Makassar, Yogyakarta, Kendari, Denpasar, Semarang, Singapura, Johor Bharu, dan Kuala Lumpur, Malaysia.

  • #IndonesiaRumahKita 2.0

Gerakan ini dalam waktu dekat akan diluncurkan. Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP UNPAD diajak untuk bersama-sama menjadi inisiator sebuah gerakan penyegaran dan penegasan akan semangat ke-Indonesia-an di tengah-tengah anak muda Indonesia.

Tunggu kabar selanjutnya, sesegera mungkin!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s